Ini Dia 10 Aplikasi BlackBerry Terpopuler di Indonesia

BlackBerry baru saja merilis daftar 10 aplikasi yang paling banyak diunduh penggunanya di Indonesia dari BlackBerry World sepanjang tahun 2013.

Terlihat dari daftar tersebut, pengguna BlackBerry di Indonesia pada umumnya lebih menyukai aplikasi jejaring sosial dan perpesanan instan (instant messenger) yang sifatnya cuma-cuma. Sementara itu, untuk yang berbayar, mereka rela merogoh kocek untuk aplikasi-aplikasi di kategori game, hiburan, dan religi.

Yang cukup menarik adalah di dalam daftar ini, terdapat sejumlah aplikasi yang dikhususkan untuk OS BlackBerry 10. Hal ini bisa menjadi salah satu petunjuk positif tingkat adopsi BlackBerry 10 di tanah air.

Berikut adalah 10 aplikasi gratis dan berbayar terpopuler di Indonesia pada tahun 2013 versi BlackBerry:

Aplikasi Gratis

  1. Facebook for BlackBerry 10
  2. Twitter
  3. WhatsApp
  4. BlackBerry Maps
  5. Adobe Reader
  6. LinkedIn
  7. Connect to Dropbox
  8. Box
  9. PicMix for BlackBerry 10
  10. BBM

Aplikasi Berbayar

  1. Angry Birds Star Wars (harga Rp10.000)
  2. The Froggies Game (Rp10.000)
  3. FaceFlow Video Chat (Rp19.800)
  4. HuizOne TV for BlackBerry 10 (Rp10.000)
  5. Pou (Rp19.800)
  6. Alkitab 10 Indonesia (Rp19.800)
  7. TV for BlackBerry PlayBook and BlackBerry 10 – Watch TV (Rp10.000)
  8. Screen Snapp (Rp19.800)
  9. Alkitabku – My Bible (Rp10.000)
  10. Photo Studio PRO (Rp39.600)

Di Indonesia, negara yang pernah dijuluki sebagai “BlackBerry nation” saking populernya merek ponsel cerdas asal Kanada tersebut, pamor BlackBerry sebetulnya kian meredup.

Berdasarkan data IDC, pada kuartal ketiga 2013, BlackBerry hanya menempati posisi ketiga dalam hasil penjualan ponsel cerdas. Mereka berhasil disalip oleh lini ponsel cerdas keluaran operator CDMA lokal, Smartfren, yang menduduki peringkat kedua. Tampuk pimpinan masih dipegang oleh Samsung.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑