Sebagai seorang database administrator juga, saya sering berhadapan dengan database. Rata-rata untuk MySql saya menggunakan SQLYog, Kemudian Oracle dengan bawaan dari Oracle dan SQL Server Menggunakan aplikasi dari bawaan SQL Manager. Tetapi selain itu sebenarnya saya sangat menyukai aplikasi NAVICAT, aplikasi ini berbayar dan cukup mahal. Walaupun anda bisa mendapatkan crack kalau untuk Windows.. Hhaha, “Tidak Dianjurkan”. Sekarang sebagai pengguna linux mint, aplikasi ini juga tersedia, mau tidak mau saya merogoh kocek cukup dalam untuk membeli aplikasi ini. Mengapa saya memilih navicat?

Navicat cepat, dapat diandalkan, dan merupakan salah satu alat administrasi pengelolaan database yang sangat luas . GUI Navicat yang sangat intuitif memudahkan kita mengelola dan melakukan desiain serta memanipulasi database dengan sangat mudah, tidak hanya manipulasi tetapi kita juga dapat melakukan migrasi antar databse dengan sangat mudah. Database seperti MySQL, MariaDB, SQL Server, Oracle, PostgreSQL, dan SQLite bisa dikelola dengan navicat. Satu hal lagi yang lebih penting, navicat ini bisa berjalan sempurna di Windows, Mac dan Linux. Kerenkan.

Berikut ini merupakan kelebihan dan fitur navicat

Navicat menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan dirancang dengan baik untuk membuat, memodifikasi, dan mengelola semua objek database, seperti Tabel, Tampilan, Fungsi / Prosedur, Indeks, Trigger, dan Urutan. Navicat Table Designer membantu kita membuat dan memodifikasi tabel, memungkinkan kita  menetapkan opsi lanjutan seperti relasi, constraints, trigger, dan lainnya.
Dengan menggunakan Navicat untuk melihat dan memodifikasi data. Insert, edit, delete atau copy / paste entri data ke editor data mirip spreadsheet dan Navicat akan menjalankan perintah yang sesuai (mis. INSERT atau UPDATE), memudahkan kita dari penulisan SQL yang rumit bagi awam tentunya, bagi yang terbiasa dengan sql ini hal yang berbeda. Berbagai alat pengeditan data memudahkan pengeditan Anda, seperti  foreign key lookup, set / enum picker, dan record filter . Navicat memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk mengelola data Anda secara efisien.
Create, edit, run queries, dan melihat  results dari query. Context-sensitive Code Completion tidak hanya menolong kita saat membuat query tetapi juga sangat cepat dan menghindari kita dari error-free coding. Query Builder memudahkan juga saat create and edit queries SQL. SQL Beautifier dedesain untuk meningkatkan produktivitasdenganmembantu anda membuat well-formatted queries, dan meningkatkan juga kemampuan/kecepatan readability.
Navicat memiliki fitur dan fungsi yang sangat luas juga sederhan untuk memanipulasi data database apapun.

Mengkonversi data dari sumber data Anda menjadi laporan yang canggih dan elegan dengan Report Builder. Kompilasi laporan berkualitas tinggi profesional dalam beberapa menit dengan menggunakan antarmuka desain interaktif dan alur kerja yang efisien. Tingkatkan laporan Anda dengan pilihan charting dan visualisasi yang luas. Buatlah pembuatan laporan Anda sampai awal terbang dengan komponen laporan komprehensif, seperti daerah, subreports, dan crosstabs.
Mengkonversi database Anda ke dalam representasi grafis menggunakan desain database yang canggih dan alat pemodelan. Gunakan diagram hubungan entitas untuk memvisualisasikan struktur basis data dan relasi data sehingga Anda dapat membuat model, membuat, dan memahami basis data yang kompleks dengan mudah.
Mudah dalam management user, membuat role dan privilages
Navicat menawarkan solusi backup lokal untuk memastikan pemulihan database Anda saat terjadi bencana. Secara otomatis melakukan backup dengan fungsi Schedule kami, dan simpan di hard drive lokal atau drive jaringan. Simpan pengaturan sesi Anda untuk penggunaan selanjutnya.
Navicat memungkinkan Anda membuat pekerjaan batch untuk melakukan beberapa tugas, seperti mencetak laporan, membuat cadangan database Anda, dan kemudian mentransfer data ke database lain. Anda dapat menjadwalkan pekerjaan batch untuk berjalan pada waktu atau hari tertentu dan menyiapkan notifikasi email untuk memastikan penyelesaian tugas yang berhasil. Tidak peduli di mana Anda berada, Anda selalu bisa menyelesaikan pekerjaan.
Navicat memberi pengguna layanan Navicat Cloud kami. Sinkronkan setelan koneksi, model, kueri, dan grup virtual Anda ke awan sehingga Anda dapat mengakses real time dengan mereka kapan saja dan dimana saja. Dengan Navicat Cloud, Anda dapat memanfaatkan setiap menit pada hari Anda untuk memaksimalkan produktivitas Anda.

 

Navicat mendukung hampir semua sistem database yang dikenal – MySQL, MariaDB, SQL Server, Oracle, PostgreSQL, dan SQLite – menyediakan konektivitas asli langsung ke database Anda. Tingkatkan produktivitas Anda dengan antarmuka pengguna tunggal yang sangat interaktif yang menyatukan proses, alur kerja, dan integrasi.