(Update artikel 14 September 2018)

Selamat pagi sahabat netter dan subscriber blog ini, semoga kabar anda baik semua adanya. Baik, pada kesempatan ini saya akan bahas tentang fenomena peminjaman uang secara online berbasis aplikasi. Mungkin anda mengamati di play store ada begitu banyak aplikasi dengan embel-embel easy cash. Tanpa basa-basi saya akan sebut saja mereknya, antara lain adalah easy cash, uang teman, dana cepat, kredivo, akulaku,modalku, Pinjam Uang, TangBull, GoRupiah,  Rupiah Plus, Qreditku – Pinjaman Uang dan cicilan, Tunaiku, Julo, Tunai Kita, VLoan, Angel Cash Kredit Pinjaman Tanpa Agunan,  Danamas, KTA Kilat,CASHe, OnLoan, Doctor Cash Online, pinjam Dana, Ahli pinjaman, Ayo Nyicil, Home Credit dll masih banyak lagi serta terus bertumbuh.

(update) :

Saya akan berbagi tips agar anda meminjam dengan aman, tidak ditagih DC, sebelum jatuh tempo, menghindari denda, dan tips lainnya di akhir artikel ini. Baca sampai habis ya….

Saya pernah mention melalui twitter ke OJK dan Bank Indonesia, tapi tidak ada tanggapan. Berbeda saat netizen melaporkan pengacara frederich ke Dirjen Pajak, langsung ditanggapi. Tapi it’s okay, dari post ini saya ingin menyuarakan keprihatinan saya dan juga sekaligus jadi catatan untuk pengguna aplikasi atau ingin mencoba menggunakan aplikasi berbasis pinjaman online ini.

Pertama sebagai catatan, saya tidak menjelekkan aplikasi ini. Beberapa memang serius dan sudah terbukti sebutlah Kredivo, Akulaku, Home Credit. Mereka-mereka ini termasuk yang berhasil dan punya respon positif dari pengguna (bisa dilihat dari komen di play store). Namun perlu dicatat, ketiga ini tidak menawarkan cash tunai (kta). KTA atau kredit tanpa agunan biasanya ditawarkan oleh bank atau koperasi dan anda tau sendiri, prosedur yang dilalui tidaklah mudah.

Kemudian KTA ini mencoba hadir berbasis online di aplikasi yang saya sebutkan diatas. Biasanya aplikasi ini meminta data-data yang penting dan bersifat rahasia, contoh nama ibu kandung, nomor ktp, foto ktp, foto anda dengan ktp, nomor hp, nama saudara jauh, dan meminta link aplikasi tersebut ke aplikasi social media misalnya linkedln, facebook, g+, twitter, instagram, dan lainnya.

Perlu anda catat, data-data diatas bersifat krusial dan tidak boleh disebar atau diberikan begitu saja. Dan data tersebut bisa dijual ke pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Bagaimana anda claim jika misalnya anda mengalami kebocoran data, akun penting anda tercuri dll. Apakah anda bisa mendesak pihak pembuat aplikasi untuk menuntut ke jalur hukum? Dan lebih penting lagi beberapa aplikasi tidak terdaftar dan diawasi OJK bukan?

Pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Maraknya fintech dan aplikasi berkembang liar ditanggapi serus oleh OJK. OJK bahkan sudah menyurati hampir semua aplikasi diatas dan masih banyak lagi untuk segera melaporkan kegiatannya untuk dievaluasi dan diberi kelayakan. Evaluasi tersebut meliputi laporan keuangan perusahaan, pendapatan, cara penagihan, proses penyelesaian masalah dll. OJK Bahkan menindak tegas aplikasi yang membandel dan bekerjasama menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak lolos untuk dihapus dari playstore.

Alamat jelas kantor peminjam/Aplikasi.

Kedua yang perlu menjadi catatan anda adalah, lokasi kantor aplikasi jasa peminjaman ini. Hal ini penting, saat anda terlibat masalah/kasus dengan peminjamam anda. Anda bisa mendatangi kantor dan menyelesaikannya secara baik. Jangankan berbasis aplikasi, kartu kredit aja bisa terjadi masalah bukan. Nah apabila hal ini tidak jelas atau tidak ada, wah anda akan repot diteror atau kasua and akan terbengkalai.

Bunga besar.

Sudah pasti, di beberapa aplikasi sudah menjunjukkan perkiraan biaya. Misal anda meminjam tunai 1 juta, anda harus memgembalikan 1.235.000 dalam waktu sebulan dll. Pikirkan lagi jika anda ingin terkena bunga tersebut.

BI Checking,.

Yang ini saya kurang paham, apakah seandainya kredit anda macet hal ini akan di forward ke BI Checking. Jika iya, maka ini bukanlah hal baik. Karena akan mempersulit anda dalam mengajukan kredit lainnya.

Terakhir sekali lagi, saya tidak menjelekkan aplikasi ini. Benerapa ada yang bagus, dan bagus tidaknya ini sangatlah subjektif. Pesan saya, sebelum anda terlanjur mengisikan data rahasia dan kemudian permintaan permohonan kredit anda ditolak. Anda bisa apa, data anda sudaj tersimpan di sistem mereka. Uninstall tidak akan berdampak apa-apa. Anda jadi rugi waktu, rugi kouta, rugi kebocoran data rahasia. Perhatikan rating aplikasi, komentar-komentar pengguna yang sudah download, merchan-merchan yang teehubung dengan aplikasi dll. Saya yakin anda sudah cerdas-cerdas semua.

Salam Netizen Indonesia

TIPS & TRIK AMAN MEMINJAM & ANTI PENAGIHAN

  • PILIH APLIKASI PEMINJAMAN DENGAN RATING 4,0 KEATAS

Ini penting, karena ini sudah melambangkan kepercayaan para nasabah atau user penggunanya. Cek, pastikan bintang 5 sudah melebihi 10.000 rating dan rating 1 pastikan dibawah 3000. Ini fleksibel tentunya ya, semakin lama tentu nilainya berubah. Jangan meminjam kalau pengguna atau komentarnya masih ribuan saja

  • CEK USIA APLIKASI

Pastikan aplikasi sudah berjalan lama secara usia, karena saya pernah mengamati aplikasi yang bagus seperti DANA CEPAT,  Pinjaman GOterdaftar di OJK dan kemudian hilang. Hilang ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti diblokir oleh pihak terkait, perusahaan bangkrut, atau bisa juga disebabkan oleh sistem yang belum stabil

  • JANGAN MEMINJAM ONLINE

Jangan pernah meminjam online untuk kebutuhan bersenang-senang. Anda tidak punya uang, pingin liburan, pinjam onlen. Buang jauh-jauh ide ini, percayalah ini akan berakibat fatal dikemudian hari. Gunakan hanya saat benar-benar mendesak dan sebagai alternatif terakhir.

  • CARA PEMBAYARAN

Ini sangat penting, pilih aplikasi yang mempunyai cara pembayaran beragam seperti alfamart/indomart, bank mandiri, bank bca virtual, bank BNI dll. Semakin banyak semakin baik. Ini memudahkan anda untuk membayar dan tidak akan repot seandainya ada 1 layanan pembayaran yang bermasalah. Favorit pembayaran yang paling sukses berdasar pengalaman saya adalah Virtual Akun BCA, DOKU via Bank Mandiri, Xendit via bank Mandiri, Via Bank BNI, Xendit via Alfamart & Indomart.

  • JANGAN BAYAR SAAT JATUH TEMPO, BAYAR 3 HARI SEBELUM (H-3)

Mengapa??? Anda tidak bisa memastikan apabila saat terjadi kendala di hari H jatuh tempo. Kendala tersebut seperti SISTEM APLIKASI ERROR, Channel Pembayaran Macet, Koneksi Internet LOLA, HP Hilang/ Rusak, SIM CARD hilang/terblokir,Pembayaran berhasil tapi gagal di sistem daaaan masih banyak lagi. Proses pengaduan atau komplain tidak akan semudah yang anda kira, rata-rata nomor kontak aplikasi-aplikasi ini selalu sibuk, chat tidak dibalas, email dibales sangat lama. Selain itu proses penyelesaian masalah setidaknya memerlukan waktu 3 – 7 hari. BANK saja yang sudah profesional membutuhkan waktu 3 hari kerja diluar minggu untuk melacak kesalahan/kegagalan transaksi.

  • AGAR TIDAK DITAGIH SEBELUM JATUH TEMPO

Saya mendapat banyak komen dan chat line dari pengunjung yang menyatakan jatuh tempo masih panjang, tetapi sudah ditagih secara kasar. MENGAPA??? Nah, ini TIPS nya, PERTAMA, jangan uninstall aplikasi sebelum anda membayar lunas. Hal ini akan terdeteksi dan memicu kecurigaan pihak penyedia layanan, sehingga anda akan ditagih. KEDUA, selalu cek dan buka aplikasi anda minimal 3 hari sebelum jatuh tempo, hal ini membantu status anda tetap terdeteksi dan online oleh sistem, sehingga anda dipercaya masih selalu dalam radar mereka. Inget mereka tau lokasi GPS anda dan semua data kontak anda, akan bagus juga jangan matikan GPS anda. Jangan terlalu lama off diluar area jangkauan internet. Misal keluar kota selama 7 hari. Ini akan memicu DC telpon ke semua kontak anda dan para DC terhormat ini pasti akan menggunakan bahasa toilet saat telpon

  • BERTANGGUNG JAWABLAH, KABUR BUKAN SOLUSI

Kabur atau mengilang/ganti HP bukan solusi, ingat saat pinjaman anda disetujui data anda sudah dipegang oleh pihak aplikasi. Data anda berupa seluruh data kontak, data lokasi, data akun social media anda, WA anda. Dan data ini akan dimanfaatkan secara licik oleh mereka apabila anda tidak membayar. JADI lunasilah apapun kondisi anda. Saya pernah membaca review, bahwa saat nasabah sedang dapat musibah duka tetep aja para DC ini telpon sana sini secara liar.

  • APLIKASI REKOMENDASI SAYA
    1. Kredit Pintar
    2. Tunai Kita
    3. Rupiah Plus
    4. Dana Rupiah
    5. Pinjam Uang
    6. Ayo Uang
    7. Kredivo (Khusus belanja)
    8. Akulaku (Khusus belanja, pinjaman onlinenya sudah dihapus)
  • TIDAK DIREKOMENDASIKAN (SUMBER TRIBUN NEWS)

Berikut ini daftar 227 Fintech Pinjaman Online yang beroperasi secara ilegal di Indonesia.

Hindari daftar aplikasi pinjam uang yang ilegal berikut ini, karena resikonya sangat tinggi.

Selain bunga tinggi, tak ada jaminan kalau pengelolanya bakal tetap berada di Indonesia saat ada masalah, karena sebagian besar ada di luar negara.

1 Aku Rupiah (Developer Fnsudai Fintech Ltd.)

2 Angel Yuk – NineTree Technology Company

3 Angelku – PT Moneta Prima Kualiti

4 Ayo Uang – PT. Zeta Indonesia

5 Ayopop – Ayopop teknologi Indonesia

6 AyoRupiah – PT Inspirasi Global Indonesia

7. BambuLoan – ayo pinjaman

8 Bantuan Pinjaman – yoyochou

9 Bee Cash – wangjunhua

10 BizLoan – CBA Services

11 Bos Tunai – Waves Technology Indonesia/ PT Waves Teknologi Indonesia

12 Bos Uang – Bos uang

13 BosPinjaman – Bospinjaman

14 BosRupiah – ATH Studio

15 BusKas – 王丙涛

16 Cara Pinjam Uang Online – Alfarizi Dev

17 Cari Dana – Cari Dana

18 Cari Rupiah – wumoka

19 Cash – Adclick Corporation Limited

20 Cash Bon – Pinjaman

21 Cash Kilat – Pinjaman

22 Cash loan 2 minutes – Loan Instant & fast

23 CASH LOAN 2 MINUTES – Loan Instant & fast

24 CashDana – akurupiah

25 CashDay Pinjaman – cashday

26 Cashstore – Firestorm-sea

27 CashStore – Sanjay Bankar

28 Cepat Pinjaman – ind Fintech

29 Cepatuang – Serious fintech

30 Cinta Rupiah – LiChen

31 Dana Berkat – Pinjam

32 Dana Cash – Dana Cash

33 Dana Cepat – Happy Money

34 Dana Cepat – Plus Happy Money

35 “Dana Cepat plus – ahli pinjaman cepat” – Happy Money

36 Dana Instan Mandiri – TB Dev

37 Dana Kilat – Pinjaman uang online cepat cair

38 Dana Pinjam – Anugrah Digital Niaga

39 Dana Pintar – Jingga Digital

40 Dana Saku – Xinhe

41 Dana Tunai – Pinjaman Tunai Team

42 Dana Uang – Zhu Xia

43 Danaku – LiChen

44 DanaNow – DanaNow

45 DanaSegar – DompetTechnology

46 DMS Mobile Syariah – Alfa Technosoft

47 DokterUang – Doctor Dana Limited

48 DokterUang – Doctor Dana Limited

49 Dompet Pinjaman – LiChen

50 DompetKamu – Tupulian

51 Duit Instan – Xiehualei

52 Duit Mudah – Duitmudah

53 DuitDuit – Karya Bangsa LTD

54 Duit-in – Koperasi Dana Sahabat Mandiri

55 Dunia Pinjaman – Xinhe

56 Easy Credit – yaojiaxi

57 Easy Loans : Payday – BrandDesign

58 easycredit – yaojiaxi

59 EasyRupiah – EasyRupiah

60 E-Kasbon – Global Dinamika Internusa

61 eRupiah – Wangcong

62 eTunai – wangcong1

63 Go Card – Go Card Indonesia

64 Go Dana – Go Dana

65 Go Go Uang – PT Indo Guna Sejahtera/ PT Asia Cahaya Makmur

66 Go Pinjaman – Cepatcash

67 Go Tunai – Meixin

68 Go Tunai – Dajing Inc.

69 Go-go Money – NineTree Technology Company

70 Go-go Rupiah – NineTree Technology Company

71 GoLoan – GoLoan Inc

72 GoPinjaman – Anminxincheng tech

73 GoUang – GoUang

74 Hai Uang – Go Dompet

75 Indkota – indkota informasi

76 IndoMoney – feixiang

77 Kas Online – yaojiaxi01

78 Kasbon – Kasbon

79 KooCash – KooCash

80 Kotak Uang – Bagusit

81 Kredit Nusantara – Kredit Nusantara

82 Kredit Pinjaman – Best Rock KCH

83 “Kredit Pinjaman Tanpa Agunan Mudah Dan Cepat” – Anira

84 Kredit Pinjaman Uang – Indonesia Maju

85 Kredit Pinjaman Uang – Afiqa.org

86 Kredit Pinjaman Uang Online – Kredit Online

87 Kredit Pinjaman Uang Online – Afiqa.org

88 Kredit Tanpa Agunan – Keishandro corp.

89 Kreditkilat – liuzhiman

90 KTA Bos Tunai – PT Alvus Smart

91 KTA Kilat – PT PTN

92 ManCep – Delfina Dev Team

93 MangoCash – Mangocash

94 masBro – PT Kanal Koneksi Nusantara

95 Mesin Uang – mesinguang

96 MiniRupiah – MiniRupiah

97 Modal Bersama – NineTree Technology Company

98 modal pinjaman – NineTree Technology Company

99 ModalPinjaman – doubletan

100 Oklik Cash – Oklik Private Limited

101 Onloan – Onloan

102 PasarRupiah – Webeye Fintech/Fintech ltd.

103 Payday Loans – malolepskaya

104 Payday Loans – BrandDesign

105 P-Cash / Uang Bayi – Shanghai Cool Ben Network Technology Co, LTD

106 Personal Loans – BigBoss Studio

107 Personal loans online – BrandDesign

108 Pinjam Cepat – Vay Muon

109 Pinjam Dana – jasonhua

110 Pinjam Duit – onlinepinjam

111 Pinjam Mart – pinjam mart pinjam

112 Pinjam Plus – pinjam tunai cepat

113 Pinjam Rupiah – Pinjaman Rupiah

114 Pinjam Uang – Bangla Ramadhan

115 Pinjam Uang – Happy Money

116 Pinjam Uang – Dana Sera Happy Money

117 Pinjam Uang Cepat – mei info

118 Pinjaman Cash – “PT Alfa Information Development”

119 Pinjaman cepat – PT Alvus Smart

120 Pinjaman Cepat – Kredit Panda

121 Pinjaman cepat – Kredit Panda

122 Pinjaman Dana – Xinhe

123 Pinjaman Dana – LiChen

124 Pinjaman Dana Cepat – Happy Money

125 Pinjaman Dana Cepat Dana tunai – Happy Money

126 Pinjaman Dana Online – mei info

127 Pinjaman Dana Tunai – Pinjaman Dana Tunai

128 Pinjaman Duit – Waves Technology Indonesia/ PT Waves Teknologi Indonesia

129 Pinjaman Flash – pinjaman flash

130 Pinjaman Kilat – PT Monetary Sejahtera

131 Pinjaman Kredit Mandiri – Kredit Online

132 Pinjaman Kredit Tanpa Agunan-  Delfina Dev Team

133 “Pinjaman KTA Ok dan terpercaya” – idea Corp

134 Pinjaman Mandiri – Dev Co.id

135 Pinjaman Mantap – NineTree Technology Company

136 Pinjaman online – rahtala tech

137 Pinjaman Online – Keishandro corp.

138 “Pinjaman Online – Rupiah cash cepat cair” – Orion Inc

139 Pinjaman Online Cepat – Jammas Done Apps

140 Pinjaman Online Cepat – Mei Info

141 Pinjaman Online Cepat – Kredit Online

142 Pinjaman Online Cicilan – Matt Cash

143 “Pinjaman Online Dengan Cicilan” – Matt Cash

144 Pinjaman Online KUR 2018 – Kredit Online

145 Pinjaman Online Syariah – Kredit Online

146 “Pinjaman Online Tanpa Jaminan” – Jammas Done Apps

147 Pinjaman – P2P G20N

148 Pinjaman Personal – idea Corp

149 Pinjaman Pintar – Xinhe

150 Pinjaman – RG tayeeb zebbara

151 Pinjaman Rupiah – weiwa technical company

152 Pinjaman Rupiah – Xinhe

153 Pinjaman Rupiah Pertama – Pinjaman Pertama

154 Pinjaman Sahabat – Orion Inc

155 Pinjaman Sukses – Xinhe

156 Pinjaman Super – Xinhe

157 “Pinjaman Syariah Online Tanpa Riba” – Keishandro corp.

158 Pinjaman Syariah Tanpa Riba – rahtala tech

159 Pinjaman Syariah Tanpa Riba – Programindo Dev Team

160 Pinjaman Tanpa Jaminan – Indonesia Maju

161 Pinjaman Top – LiChen

162 Pinjaman Tunai BCA Kredit – TRI KTA Online

163 Pinjaman Tunai tanpa Jaminan – Creative Media Dev

164 Pinjaman Uang – PT Sakut Cepiat Technology

165 Pinjaman Uang Mandiri – ST18 Developer

166 PinjamanKilat – PT Monetary Sejahtera

167 Pinjamku – PT Digital Berhans Indonesia

168 Pinjem Aja – Pinjem Aja

169 Pinjem Aja – Pinjem Aja

170 pinjemDong – aplikasi Pinjem Dong

171 PiPipi – PiPipi

172 Praktis Pinjaman – TB Dev

173 Quick Cash Loans – BrandDesign

174 Raja Pinjaman – Mr HengGuang

175 RajaRupiah – HiMoneyTechnology

176 RajaUang – PT Sayap Utama Teknologi

177 Rakredit – Rakredit

178 Rakredit – Jumao Technology Private Limited / PT Rakredit Mitra Indonesia

179 RpNow – RpNowTeam

180 RumahPinjaman – HiMoneyTechnology

181 Rupiah – Avenue Shanghai Zhuyu Information Technology Co., Ltd.

182 Rupiah – Bijak Xinhe

183 Rupiah Kilat – NineTree Technology Company

184 Rupiah Kita – Mo9

185 Rupiah Oke – Xinhe

186 Rupiah On – NineTree Technology Company

187 Rupiah Sapi – Loan4now

188 Rupiah Teman – Gist Finance Co. Ltd

189 Rupiah-Ayo – Xinhe

190 RupiahKilat – Happy Money

191 RupiahKita – mo9

192 Saku Pinjaman – onlinepinjam

193 Saku Pinjaman – Waves Technology Indonesia/ PT Waves Teknologi Indonesia

194 Sakuku Rupiah – LiChen

195 Solusi KTA – Aku idea Corp

196 Solusi KTAku – idea Corp

197 Super Kredit – NineTree Technology Company

198 Super Rupiah – make money 4 now

199 Super Uang Pinjam – Rupiah Market

200 Super Uang Pinjam – Rupiah Market

201 Supermoneyshop Pinjam – Rupiah Market

202 SuperPinjam – Pinjam Rupiah Market

203 Terbuka Pinjaman Indonesia-  Open Loans Indonesia Viva Property Solutions/ Viva PS

204 TokoRupiah – League Tech

205 Tunai Plus – Dajing Inc.

206 TunaiCepat – XH

207 TunaiTunai – Dajing Inc.

208 Uang Cash – Alison

209 Uang Cepat – PT Cash Express Indonesia

210 Uang Express – PT Second Installent Financial Technology

211 Uang Kilat – Beijing Huirong Tianxia Information Technology Co., Ltd./ Huirong Technology/ Network Engineering Co., Ltd.

212 Uang Plus – Uang Plus

213 UangInstan – XH

214 UangMart – Dua Hari Grup

215 UangOnline -Pinjaman Worldpeace

216 UangPinjaman – Pinjaman Kredit uang Dana cepat dan aman

217 UangSaku – DanielDeng

218 Usaha Modal Kecil – DewaDev

219 Uuang -Pinjam Uang Uuang Team

220 We Cash – PT Tokovips Teknologi

221 We Cash Partner – We Cash Partner

222 Wesal Keuangan Syariah – Alfa Technosoft

223 Yes Kredit – uscompany

224 YesRupiah – HiMoneyTechnology

225 Yuk Rupiah – Xinhe

226 Yuk Rupiah – NineTree Technology Company

227 Zidisha – Zidisha Inc. (nextren)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Hindari 227 Pinjaman Online Ilegal Ini, OJK Sebut Ada yang Dikembangkan China, http://bangka.tribunnews.com/2018/07/29/hindari-227-pinjaman-online-ilegal-ini-ojk-sebut-ada-yang-dikembangkan-china.

Editor: teddymalaka

Masih ada lagi tips dari anda, yuk bagi di kolom komentar dan share artikel ini. Semoga makin banyak yang terbantu. Bagi yang mau tanya-tanya, bisa chat saya di kontak about me. Saya tidak bisa membantu banyak, hanya bisa berbagi pengalaman dan cerita dari banyaknya pengunjung blog yang sudah mampir ke saya. SUKSES bagi kita semua. Salam,