Selamat siang sahabat netizen dan follower setia blog ini ataupun anda semua yang secara kebetulan menemukan blog ini, semoga selalu sehat penuh berkat dan cinta serta selalu sukses.

Okay, kali ini saya menyempatkan waktu untuk berbagi tips memilih dan membedakan jenis ram DDR2,DDR3 dan DDR4. Hal ini sangat membandu bagi anda khususnya yang akan melakukan upgrade atau menambah kapasitas RAM PC atau Laptop kesayangan anda.Saya tidak akan membahas apa itu DDR apa itu DIMM maupun SODIMM, anda bisa melakukan googling untuk melihat deskripsi rinci dan teknologi ram tersebut.

Bagaimana sih memilih RAM?

Pertama RAM dibedakan ada 3  yaitu :

  1. PC SERVER
  2. PC Desktop (DIMM)
  3. Laptop/Notebook/Netbook (SODIMM)
    • Voltage
      • Normal 1,5V
      • Low 1,35V

Apabila anda memilih RAM untuk upgrade atau menambahkan berpasangan dengan RAM Lama anda, pastikan terlebih dahulu anda mengetahui merek RAM yang terinstall di motherboard anda, Versi DDR (2,3,4), Clock Speed dan Frekuensi serta versi tegangan. Untuk seri Low anda akan menemukan huruf L (contoh DDR2L,DDR3L,DD42L) atau mungkin disingkat PC2L,PC3L,PC4L. Apabila anda tidak menemukan huruf L berarti memory yang digunakan adalah yang standar normal dan anda bisa memilih / membeli RAM tambahan yang tanpa L.

Bolehkah saya menggunakan RAM biasa berdampingan dengan PC/Notebook RAM L? TIDAK Boleh, tidak akan cukup daya dan mungkin akan bermasalah.

Bolehkah saya menggunakan RAM L pada Notebook dengan voltage RAM Biasa? Boleh saja, hanyaaaaa mungkin akan terjadi korsleting karena RAM dihajar dengan voltase lebih tinggi.

Bagaimana cara mengetahuinya? Untuk Windows anda bisa install aplikasi CPU Z, klik tab menu Memory dan SPD. anda bisa menemukan semua informasi tersebut. Atau membongkar fisik RAM kalau belum yakin.

Terus bagaimana memilih RAM yang tepat agar bisa berdampingan dengan RAM lama?

RAM harus memiliki data yang sesuai MEREK Bisa diabaikan. Data yang sesuai antara lain. TEKNOLOGI RAM, Frekuensi atau Data Rate (Mhz) dan Clock Speed/Module.

Biasanya antara Frekuensi dan Module / Clock sangat berhubungan. Mari kita lihat gambar RAM DDR3 atau biasa disebut PC3 dibawah ini :

Screenshot-2018-3-21 DDR3 1600 - Server Memory Best Practices Kingston

Apabila saat melakukan cek RAM anda hanya menemukan data PC3 800 ini bisa dibaca : RAM DDR3 Frekuensi 800Mhz dan Module atau clock 6400

Apabila saat melakukan cek RAM anda hanya menemukan data PC3 1333 ini bisa dibaca : RAM DDR3 Frekuensi 1333Mhz dan Module atau clock 10600

Dan seterusnya dan seterusnya. Ini berlaku juga untuk DDR4, dimana DDR4 adalah kelanjutan atau teknologi terbaru yang lebih baik dari DDR3. Mari kita lihat grafik dibawah ini :

Screenshot-2018-3-21 Introduction to DDR4 Memory - Overview Kingston

Untuk DDR 4, apabila saat cek data RAM anda menemukan PC4 2400, maka ini dibaca RAM DDR4 Frekuensi Data Rate 2400Mhz, Clock/Module 19200.

Okay sudah cukup jelas kan, yang penting jangan bingung.. hehe

Mana yang lebih penting sih, FREKUENSI atau CLOCK SPEED/Module?

JAWAB : Clock Speed/Module

Namun kalau anda hanya menemukan salah satu data tersebut, jangan bingung anda bisa membedakannya berdasarkan frekuensinya, diingat saja DDR3 itu ada direntang frekuensi 800,1066,1333,1600 dan 1866. Untuk clock ada di 6400,8500,10600,12800 dan 14900. dibawah ini ya berarti DDR2 apabila diatasnya berarti DDR4

Sebagai informasi saja, rata-rata Notebook atau PC sekarang untuk ram DDR3 kebanyakan di Clock 10600 dan 12800

Untuk Merek bisa diabaikan asal datanya sama. Tidak penting anda pilih Kingston + Sandisk + ADATA atau yang lainnya, asalkan frekuensi dan clock speednya sama, saya yakin akan berjalan normal. Mengenai Merk, tentu anda bisa membedakan karena harga tidak pernah bohong ya kan? wkwk

GAMPANG BUKAN???? ^_^

Terakhir dari saya, ini saya sertakan juga data untuk DDR2, karna beberapa komputer atau notebook jadul mungkin masih ada yang menggunakan DDR2. untuk DDR atau DDR1 saya no komen ya, karna apabila anda masih menggunakan DDR atau DDR1 saatnya upgrade deh, karena DDR1 itu PC zamannya Pangeran Diponegoro masih bayi. hehe.

Data RAM DDR2

Screenshot-2018-3-21 DDR2 SDRAM - Wikipedia

Semoga membantu anda dalam memilih ram yang tepat. Jangan lupa komen, share and follow ya. Terimakasih, semoga anda semakin SMART dan Sukses.

Advertisements