Selamat siang sobat Proktor dan Teknisi UNBK 2018 baik SMK,SMA dan SMP dan juga tidak lupa saya menyapa para HELP DESK tingkat kota maupun propinsi yang begitu cekatan untuk menangani setiap kendala yang terjadi dilapangan. SMP Sebentar lagi akan menghadapi UNBK 2018 dan saya ucapkan selamat berjuang, hahah. Untuk proktor dan teknisi SMK,SMA bolehlah tersenyum-senyum karena tugasnya udah selesai :D.

Tulisan ini ditujukan untuk siapa? Mungkin lebih tepatnya bagi anda-anda yang akan bertugas menjadi proktor dan teknisi unbk mendatang 2019 dan seterusnya atau bisa juga ditujukan untuk lebih memahami tugas menjadi seorang proktor dan teknisi.

Saya menulis konten ini karena memperhatikan kejadian-kejadian / diskusi di group WA proktor juga kepanikan-kepanikan yang terjadi saat terjadi masalah yang seharusnya tidak terjadi.

Saya ingat helpdesk saya mengatakan “Proktor adalah orang-orang terpilih, Jangan panik”!!! YA BETUL SEKALI!!! Saya menyadari bahwa protor-proktor dan teknisi ini sejatinya adalah sarjana-sarjana S.Kom, kebanyakan begitu. meski beberapa ada yang saya kenal bukan sarjana komputer tetapi guru matapelajaran seperti matematika, bahasa inggris yang kemudian ditugaskan untuk menjadi proktor dan teknisi yang kebetulan mengerti atau menyukai komputer. Naaah, ini adalah modal yang sangat bagus.

Tugas proktor sejatinya adalah mengoperasikan aplikasi CBTSync admin dan teknisi bertanggung jawab keseluruhan sistem, infrastruktur jaringan maupun kendala-kendala teknis. Puspendik sudah sedemikian detail menyediakan manual book, pentunjuk step di web, sampai kasus error pun dibahas dengan detail. MENGAPA ADA YANG BERTANYA? “Kok tempat saya adapternya gak kedetek, kok tempat saya masih offline, kok tempat saya vhd error, kenapa sinkronisasinya lambat. Yang paling lucu adalah kehebohan tentang TRANSFER RESPONSE. TR adalah jelas-jelas sangat simple pemahamannya. TR adalah sharing folder dari removable disk agar sistem unbk dengan ip 192.168.0.200 bisa mengakses folder ini dan menyimpan log jawaban siswa kesini. mengapa removable disk? karena kalau komputer mati/gagal, lognya sudah ada di flasdisk sehingaaaa bisa menggunakan komputer lain untuk dijadikan server. Mengapa harus setting TR? ya karena TR ini adalah alternatif server cadangan, kalau utama gagal maka bisa menggunakan log dari TR ini atau menggunakan server cadangan dengan kemungkinan akan mengulang menjawab dari awal atau bertemu soal berbeda.

Puspendik sudah memberikan sedetail mungkin modul dan langkah kerja. menurut saya ini sudah terlalu detail. Kalau saya yang dari puspendik saya akan kasih note aja. “Share folder dari flasdisk agar bisa diakses oleh sistem untuk save log” selesai.

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia kalau berhadapan dengan sistem atau barang elektronik, buka dulu barangnya kalau error baca petunjuknya. WOOOY BANGUNN!!!! Itu adalah kesalahan fatal., seharusnya baca petunjuknya sampai selesai setelah itu baru praktek. Sama halnya anda membeli handphone, tv, mobil, dll. bacalah petunjuknya dahulu jangan asal nyalakan. begitu error sistemnya disalahkan, HD nya direpotkan.

Sebagai orang komputer, seharusnya masalah-masalah intern server anda sudah memahami. Bukan saya sok pintar, saya hanya menegaskan, bukankah semua itu pernah dipelajari, bukankah setiap hari anda bertemu dengan komputer, bahkan seharusnya anda sudah bisa menghapal setiap fungsi registry windows. hahah…. 😀

Okay, kuncinya adalah jangan panik. Baca  petunjuk jadikan pedoman, kemudian kerjakan dengan tenang dan jangan panik menghadapi apapun kasus yang ada. jangan langsung lari ke WA group cari teman, ada yang error juga nggak.. 😀 Eh, kok upload saya gagal, status di web belum terupload tetapi di sistem sudah. Hmm, bukankah anda seharusnya memahami bahwa semakin banyak anak, semakin lambat juga uploadnya dan saat upload jangan sampai interrupt atau anda refresh atau koneksi timeout. Maka dari inilah muncul kehebohan “MENUNGGU U”. hahah…

Bagi proktor dan teknisi SMP selamat berjuang, SMK dan SMA sudah selesai, tidak menutup kemungkinan anda akan sukses juga atau muncul berhadapan dengan masalah baru. Jangan panik dan tetap tenang, anda adalah kapten untuk anak-anak yang mengerjakan soal. Salam sukses unbk 2018

 

Advertisements