Menenangkan diri sejenak dan berdoa merupakan rutinitas bagi saya untuk rehat sejenak dan menemukan kembali semangat untuk menjalani rutinitas dengan lebih kreatif.

Tepatnya tanggal 13 Juni 2018 saya menyempatkan diri untuk bertualang ke Sragen ke Gua Maria St. Faustina Ngrawoh di Sragen – Jawa Tengah. Gua Maria ini sering juga disebut Taman Doa. Agar mudah berikutnya saya akan menyebut ini dengan nama Gua Maria Ngrawoh Sragen.

Gua Maria ini masih tergolong baru dan hasil dari perjuangan oleh swadaya masyarakat sekitar yakni desa Ngrawoh. Lokasinya terbilang cukup jauh dan agak susah dijangkau karena kondisi jalan yang agak rusak meski beraspal. Apabila anda mengunjungi tempat ini dengan motor anda mesti cukup berhati-hati dan tidak disarankan kesini malam hari karena cukup jauh dan relatif sepi. Perjalanan cukup bervariasi mulai dari sawah warga, perkampungan, pasar dan lain-lain.

IMG_20180613_150219.jpgSesampai di Taman Doa Gua Maria Ngrawoh Sragem St. Faustina, kesan yang pertama saya rasakan dan lihat adalah cukup sepi namun sudah terdapat beberapa warung-warung warga yang buka. Saya catat ada sekitar 4 hingga 5 warung yang buka. yang dijual bermacam-macam mulai dari keperluan doa seperti buku panduan, lilin, jrigen tempat air suci serta ada juga makanan-makanan ringan dan berat.

Memasuki tangga ke taman doa saya disapa oleh warga disana dan diarahkan untuk mengisi buku tamu. Setelah mengisi buku tamu,saya tidak sabar untuk mulai menjejaji kaki menuju ke tangga. Jalanan cukup berkelok dan cukup membutuhkan tenaga, hehe. Oh iya, di taman doa ini ada beberapa spot seperti Gereja, Makam Yesus, Taman dan Gua Maria sendiri. Gua Maria sendiri persisinya ada di samping gereja agak naik sedikit keatas. Sebetulnya posisi Bunda Maria sendiri terletak tidak didalam gua melainkan di sebuah taman, jadi ini lebih tepat disebut taman memang dibanding disebut Gua. Oh iya catatan,untuk mencapai Bunda Maria dan menyalakan lilin disana anda harus mengelilingi lingkaran yang cukup unik dan keluar juga harus melalui lingkaran tersebut. JANGAN DILANGKAHI YA, hehe. NIscaya berkat dari St. Faustina akan melimpah untuk anda. Amin.

 

Advertisements