Intro

Laptop merupakan salah satu tools yang sering MSL dan mungkin sobat lain gunakan setiap harinya. Muncul nya device lain seperti smartphone dan tablet belum bisa menggeser fungsi laptop sebagai device yang produktif terutama dalam hal ketik-mengetik. Keinginan untuk terus produktif memaksa MSL as a user untuk terus mengkondisikan laptop dalam keaadan sebagaimana kondisi terakhir MSL gunakan. Jendela-jendela file MSL biarkan berserakan didalam layar laptop kemudian masuk kedalam mode sleep hingga tak jarang berlanjut ke mode hibernate. Bagaikan manusia yang terus berfikir, bahkan berfikir dalam tidurnya, seluruh sistem dalam laptop terus aktif sehingga berefek pada umur komponen laptop. Dulu saat menggunakan hardisk internal dengan 5400 rpm, dengan perlakuan yang MSL jabarkan di awal, laptop sering sekali mengalami malfungsi hingga crush. Namun, semenjak menggunakan SSD (solid state drive) yang kecepatan dan tulisnya jauh diatas hardisk biasa, kendala failure atau malfungsi pada laptop menjadi berkurang dan bahkan hampir tidak pernah MSL temukan.

7

Problem

Berdasarkan pada habit pemakaian laptop yang MSL gunakan, masalah muncul di bagian yang tidak MSL sangka-sangka. Colokan audio atau audio jack dari laptop tiba-tiba menjadi tidak berfungsi.

Praduga

Dugaan awal MSL tuju pada earphone yang rusak, coba mengganti dengan earphone lain dan perangkat speaker eksternal, tetap tidak dapat bekerja. Saat MSL menggunakan speaker internal laptop, suara keluar tanpa masalah. Maka, kemudian dugaan MSL tuju pada driver audio yang bermasalah.

Perbaikan 1

4
5
3
😀

Buka Device Manager (ketik “device manager” di bagian search windows). Pilih Audio inputs and outputs >> klik kanan di Speakers >> uninstall >> muncul konfirmasi uninstall >> OK.Pada toolbars device manager, klik Action >> Scan for hardware changesKemudian periksa Speakers dibagian audio inputs and outputs yang sudah kamu uninstall tadi, apakah muncul kembali,jika muncul maka silakan coba audio jack laptop kamu. Jika kembali berfungsi, congrats! Jika setelah mengikuti step perbaikan 1, audio jack tetap tidak berfungsi, maka kalian tetap tenang, karena kalian bersama MSL disini  .

Solution

Cara yang akan MSL berikan untuk mengatasi permasalahan audio jack di laptop ini agak cukup sederhana dan unik, tetapi bekerja denga baik di laptop MSL. Caranya yaitu :

  1. Untuk Laptop dengan Baterai yang bisa di lepas dengan mudah
    • Shutdown laptop
    • Cabut colokan power daya
    • Lepaskan Baterai laptop
    • Tekan tombol power selama 30 detik
    • Pasang kembali baterai
    • Nyalakan laptop
    • Coba periksa, apakah audio jack kembali berfungsi ? Jika ya, congrats!
  2. Untuk Laptop dengan Baterai tanam
    • Shutdown laptop
    • Cabut colokan power daya
    • Tekan tombol power daya selama 30 detik (tetap tekan tombol daya meski laptop menjadi menyala, nanti laptop akan kembali mati selama kita menekan tombol power)
    • Nyalakan laptop
    • Coba periksa, apakah audio jack kembali berfungsi ? Jika ya, congrats!
6

Jika setelah melalui tahap solution audio jack masih belum berfungsi, silakan ulangi tahap solution dan mengganti step tekan tombol power daya 30 detik menjadi tekan sebanyak 5 kali.

Bad Solution

🙂

Jika seluruh tahap solution sudah dilewati dan audio jack tetap tidak berfungsi, maka besar kemungkinan masalah terletak pada hardware dari audio jack. Silakan bawa laptop kamu ke service center terdekat  .

Cheap Solution

😀

Solusi murah nya adalah kamu bisa gunakan speaker bluetooth atau earphone bluetooth, selain terlihat lebih rapih tanpa kabel, kamu akan terlihat lebih hype dari sebelumnya  (MSL)