Selamat pagi sahabat netizen aliran gabut, apa kabar anda ditengah kampanye stay at home dan social distancing? Saya harap semuanya dalam keadaan sehat walafiat dan tidak kekurangan suatu apapun.
Secara khusus saya ingin menyapa kepada teman-teman yang saat ini sedang tidak bekerja, pendapatan pas-pasan, belum dapat bantuan pemerintah, ditagih-tagih leasing / bank, ditagih pinjaman online…. naahh… untuk poin yang terakhir ini, jika anda adalah salah satunya, yuk silahkan kumpul disini komen-komen, kita berbagi info dan cerita karna anda tidaklah sendiri šŸ˜šŸ˜šŸ˜

Ditengah pandemi seperti saat ini, yang paling jahat adalah sistem perbankan semua bank, leasing dan lembaga pinjaman termasuk yang online adalah salah satu yang dari sistem yang paling jahat. Bagaimana tidak, disaat semua orang sedang saling berbagi dan tolong-menolong. Bank, leasing, koperasi, pinjol adalah mereka-mereka yang masih memikirkan keuntungan ekonomi, sungguh jahat sekali. Relaksasi yang ditawarkan cuman kiasan pemanis semata. Penagih-penagih via telpon gencar mereka lakukan. Apalagi pinjol, sudah tidak memberi solusi tetapi malah semakin menjadi-jadi.

Saya mengamati komen-komen netizen di aplikasi pinjaman online yang mengaku tidak bisa membayar, padahal mereka adalah nasabah baik yang selama bertahun-tahun menggunakan jasa dan tidak pernah telad, tetapi toh akhirnya macet dan gak bisa membayar serta memohon keringanan seperti penundaan pembayaran dan pengurangan bunga.
Tetapi itu semua tidak membuat pinjol bergeming, masih aja menagih nasabah.
Bisa dipahami bahwa peer to peer lending tidak bisa diatur oleh aplikasi, aplikasi hanyalah sarana jembatan antara lender dan peminjam.

Dilain pihak, aplikasi-aplikasi pinjaman online ini tidak bisa digunakan lagi, semuanya menutup akses pinjaman. Beberapa yang buka hanya menyediakan limit yang sangat sedikit seperti 400-500rb.

Nah apakah anda salah satu yang terdampak seperti cerita diatas, yuk kumpul disini, komen-komen untuk saling berbagi cerita dan saran bagi teman-teman yang mengalami kasus serupa.

Tetap jaga kesehatan, jaga jarak, dirumah aja, jangan mudik dahulu. Semoga amal puasanya diterima Allah SWT.